Peran Pengasuh Panti Asuhan dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Asuh di Panti Asuhan St. Lucy Medan Tuntungan

Authors

  • Putri Gea Maba Rizky Universitas Negeri Medan
  • Jubaidah Hasibuan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.6292

Keywords:

Role of Caregivers, Independence, Orphanage

Abstract

This study examines the role of caregivers in increasing children's independence at St. Lucy Orphanage using a qualitative approach with observation, interviews, and documentation. Four main roles of caregivers were found: mentor, motivator, role model, and coach. Caregivers apply a holistic and adaptive approach to build children's discipline, responsibility, self-confidence, and life skills. Although effective, the influence of the external environment and the diversity of children's characters need to be considered. These findings are supported by Bandura's social learning theory and Erikson's psychosocial theory. The study recommends ongoing training for caregivers and the development of an integrated coaching program. Longitudinal research is recommended for long-term evaluation.

References

Adilla, N. S. (2023). Bimbingan agama dalam meningkatkan kepercayaan diri pada remaja di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Annajah Petukangan Jakarta Selatan (Skripsi, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Afifah, I., & Najmi, F. (2023). Peran pengasuh Pesantren Hidayatut Thalibin dalam membentuk nilai keagamaan santri melalui kitab Fathul Qarib. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.57251/ped.v3i1.957

Albar, S., & Danriani, F. (2021). Pengaruh tipe-tipe pola asuh orang tua terhadap kemandirian pada remaja etnis Arab. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 920–929. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.27521

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis, 5(2), 146–150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432

Alkayyis, Y., Yulani, D., & Windriayati. (2021). Penyesuaian diri anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Pekerjaan Sosial, 20(1), 1–17. https://doi.org/10.31595/peksos.v20i1.355

Aprilianarsih, P., & Mil, S. (2023). Kemandirian anak dengan orang tua yang menerapkan pola asuh permisif. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 233–242. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.233-242

Arisnawati. (2020). Strategi pengasuh orang tua dalam resiliensi pada anak penyintas bencana usia 7–12 tahun di Huntara Lere (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu).

Arsini, Y., Rusmana, N., & Sugandhi, N. (2022). Profil resiliensi remaja putri di panti asuhan dilihat pada aspek empathy, emotion regulation dan self-efficacy. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 76–83. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.151

A. Tabi’in. (2020). Pola asuh demokratis sebagai upaya menumbuhkan kemandirian anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9581

Barus, M. I., & Rahma, A. (2022). Penerapan pola asuh anak pada Panti Asuhan Siti Aisyah Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 935–953. https://doi.org/10.35931/.am.v6i3.1225

Danayani, E., Hariani, L. S., & Jauhari, M. (2021). Pembentukan kemandirian melalui pembelajaran kewirausahaan sosial untuk meningkatkan kesadaran sosial dan kesadaran ekonomi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 22–34. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.5143

Devania, R., & Sahrul, M. (2025). Meningkatkan kepercayaan diri remaja akhir melalui dukungan emosional pengasuh di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2), 12–21. https://doi.org/10.62383/wissen.v3i2.687

Catri, E., & Azizah, Z. (2024). Hubungan peran pengasuh dengan kemandirian anak di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Nanggalo. Jurnal Family Education, 4(3), 476–484. https://doi.org/10.24036/jfe.v4i3.235

Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pemikiran Abraham Maslow tentang motivasi dalam belajar. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 6(1), 37–48. https://doi.org/10.52266/

Choirunnusa, N., Safitei, D., & Martini. (2024). Pembinaan kemandirian anak asuh di Panti Asuhan Chairun Nissa. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(2), 167–179. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i2.188

Citra Mutiara Nst, Ratih, D., Patricia, A., Girsang, C., Safitri, S., & Ritonga, F. U. (2023). Pelatihan pendidikan berupa taman belajar bagi anak Yayasan Panti Asuhan Sayangi Anak Kasih Hati. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 141–148. https://doi.org/2775-3301&from_ui=yes

Danrila, D., Dewi, S. F., Anwar, S., & Montessori, M. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian siswa dalam pembelajaran blended learning. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 88–95. https://doi.org/10.24176/re.v13i1.7398

Afriani, E., & Afrinaldi. (2023). Peran pengasuh dalam membina perilaku sosial anak pada Panti Asuhan Aisyiyah Putri Daerah Kota Payakumbuh. Inspirasi Mengabdi untuk Negeri, 2(1), 81–86. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i1.430

Lestari, E. (2024). Kontrol sosial pengasuh dalam mencegah bullying pada anak. Jurnal Mentari, 4(2), 65–71. https://doi.org/10.60155/mentari.v4i2.494

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita: Jurnal Penelitian, 1(3), 34–46.

Fadlilah. (2021). Analisa konsep kenuraniaan sebagai faktor yang memengaruhi motivasi kerja di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 595–612. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1383

Ishak, F., Permata, S. P., & Ferdiansyah, A. (2025). Peran pengasuh panti asuhan dalam mengembangkan kemandirian anak (Studi kasus Panti Asuhan Khoirul Walad, Desa Duku Ilir, Kecamatan Curup Timur, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu). Share: Social Work Journal, 14(2), 166–172. https://doi.org/40159/share.v14i2.58493

Fatmawati, E., Firdausiyah, L., & Jasmaniah. (2022). Kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring (masa pandemi COVID-19). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 527–534. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1019

Fitriani, A., & Yusri, F. (2022). Tingkat kemandirian belajar pada remaja. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 9(1), 9. https://doi.org/10.37064/consilium.v9i1.11332

Gunawan, Y., & Syamsudin. (2023). Strategi pembentukan karakter religius di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Panti Asuhan Muhammadiyah Tuksono Kulonprogo. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Islam Interdisipliner, 2(1), 52–62. https://doi.org/10.59944/jipsi.v2i1.110

Handayani, R., Surya, E. P. A., & Syahti, M. N. (2024). Kemandirian anak dalam memasuki usia sekolah dasar: Pentingnya pembentukan karakter sejak dini. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(2), 352–356. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk

Hanifah, L., Hidayatulloh, H., Alfarizi, R. S., & Fitrianana, A. (2023). Analisis etos kerja terhadap pengasuh di Pondok Pesantren Al Maufi. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(4), 139–143. https://doi.org/10.57251/hij.v2i4.948

Hamidah, S., & Rizal, M. S. (2022). Edukasi kesehatan reproduksi dan perkembangan remaja di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Journal of Community Engagement in Health, 5(2), 237–248. https://doi.org/10.30994/jceh.v5i2.384

Hasanudin, C., & Fitrianigsih, A. (2019). Analisis gaya belajar mahasiswa pada pembelajaran flipped classroom. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 31. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.364

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Putri Gea Maba Rizky, & Jubaidah Hasibuan. (2025). Peran Pengasuh Panti Asuhan dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Asuh di Panti Asuhan St. Lucy Medan Tuntungan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 5(2), 842–861. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.6292