Menguatkan Nilai Sosial dan Kesadaran Lingkungan dalam Pembelajaran IPS SD melalui Kampanye Ecobrick

Studi Kasus di SDN Tanggultlare, Jepara

Authors

  • Rosyidah Rosyidah Universitas Muria Kudus
  • Fashihullisan Fashihullisan Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.6247

Keywords:

social studies learning, social values, ecobricks, environmental education, primary schools

Abstract

Plastic waste is one of the most pressing environmental issues in Indonesia's coastal areas, including in Jepara. This study aims to describe how project-based and contextual Social Sciences (IPS) learning can strengthen social values and environmental awareness through ecobrick campaigns by 6th grade students of SDN Tanggultlare. This study uses a qualitative approach with a case study method, involving five students as the main subject, and a classroom teacher as a supporting informant. Data collection techniques include observation, semi-structured interviews, and visual documentation. The results of the study show that ecobrick campaign activities are collectively able to foster the value of responsibility, mutual cooperation, environmental concern, and effective communication between students. These findings confirm that social studies learning based on real action and local contexts can be a means of internalizing meaningful social values at the elementary school level.

References

Acesta, A., Solihat, D., & Kautsar, T. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbahan ecobricks untuk guru sekolah dasar. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Asy’ari, L. (2020). Pengembangan model pembelajaran investigasi kelompok pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa. CIVICOS: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 67–80.

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Elvira, E., Misnah, M., & Ratu, B. (2024). Pemanfaatan video sampah plastik terintegrasi pada pembelajaran IPS untuk mengembangkan kesadaran lingkungan bagi siswa di sekolah dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 11(3).

Hurri, I. (2015). Kontribusi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial terhadap kepedulian sosial di kalangan siswa SMA. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia, 12(2), 45–55.

Ilmi, M. (2020). Implementasi nilai-nilai pendidikan profetik dalam pembentukan siswa melalui pembelajaran IPS di SMP Brawijaya Smart School. Jurnal Pendidikan,

Jamilah, J., Sadiqin, I. K., & Zulkarnain, A. (2024). Go-Green Project Based Learning untuk mengembangkan kepedulian lingkungan siswa sekolah dasar. Journal of Banua Science Education.

Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2022). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Nurhayati, F. N., Daulay, M. I., & Nurmalina. (2023). Pengaruh kegiatan green consumer terhadap kemampuan ecoliteracy dan sikap peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan.

Oktaviana, L., Anna, Z., Maulina, I., & Suryana, A. (2023). Analisis persepsi masyarakat pesisir terhadap sampah plastik saat pandemi Covid-19 di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan.

Purwati, R., Mustika, I., & Hidayat, A. (2023). Cultivating care and love for the environment through ecobrick making. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(2), 115–122.

Resmalasari, S. (2020). Pengaruh pembelajaran IPS terhadap modal sosial siswa. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan.

Resnawati, P. (2022). Peningkatan partisipasi aktif siswa melalui penerapan pendekatan Ilmu Teknologi Masyarakat (ITM) dalam pembelajaran IPS di SD kelas tinggi. Jurnal Guru Kita PGSD.

Sari, D. A., Harfia, A. Z., & Heriyanti, A. P. (2023). Penyuluhan dan pelatihan pembuatan ecobrick di Desa Pulosaren sebagai upaya pemanfaatan sampah plastik. Jurnal Bina Desa.

Sillahudin, Z. (2020). Pembelajaran IPS model outdoor learning dalam membentuk kepedulian terhadap lingkungan pada siswa kelas 8B MTs Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan IPS.

Sulastri, E., Ardianik, A., & Hatip, A. (2023). Pengaruh model Project Based Learning terhadap sikap gotong royong siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika.

Ulumfadilah, A. A., Al-Madyan, N. A. A., & Fathurrohman, R. (2025). Pengelolaan sampah plastik di SD Negeri Patalan Baru Bantul dengan metode ecobrick: Penerapan QS. Al-A’raf ayat 56. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 4(1), 81–89.

Ulumfadilah, A., Rahmat, M., & Prasetyo, E. (2025). Pengelolaan sampah plastik di SD Negeri Patalan Baru Bantul dengan metode ecobrick: Penerapan Q.S. Al-A’raf ayat 56. Jurnal Ilmu Lingkungan Islami, 7(1), 66–74.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Rosyidah Rosyidah, Fashihullisan Fashihullisan, & Erik Aditia Ismaya. (2025). Menguatkan Nilai Sosial dan Kesadaran Lingkungan dalam Pembelajaran IPS SD melalui Kampanye Ecobrick: Studi Kasus di SDN Tanggultlare, Jepara. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 5(2), 751–762. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.6247