Analisis Penerapan Literasi Digital dalam Bermedia Sosial di Kalangan Generasi Z

Authors

  • Rida Ristiani Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.5911

Keywords:

Generation Z, Digital Literacy, Social Media

Abstract

Social media is now an important part of modern life, but the improper use of such platforms has the potential to cause various problems, such as the spread of fake news, online harassment, and addiction. This research aims to see how Generation Z uses digital literacy in social media. Generation Z grew up in the digital age, and has a unique way of interacting with technology. This study uses a qualitative approach through interviews, the subjects are high school students between the ages of 15-17 years. This study was conducted in May 2025. This study proposes to increase the digital literacy of Gen-Z so that social media is used wisely and responsibly, because there are still many aspects that must be improved, including the ability to verify information and understand the ethical consequences of using social media.

References

Asufie, Khairunnisa Noor, and Nur Aripkah. 2023. “Literasi Digital Generasi Z Dalam Konteks Pemberdayaan Masyarakat Era Society 5.0 Di SMKN 1 Sendawar Kutai Barat.” Prosiding Semnaskom-Unram 5(1):161–76.

Firamadhina, Fadhlizha Izzati Rinanda, and Hetty Krisnani. 2021. “PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi Dan Aktivisme.” Share : Social Work Journal 10(2):199. doi: 10.24198/share.v10i2.31443.

Khilmiyah, Akif. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Samudra Biru.

Kurniawan, Fajar Sari, Dhesi Wulan Sari, Jurusan Bisnis Maritim, Jurusan Teknika, and Jurusan Nautika. 2022. “Journal of Systems , Information Technology , and Electronics Engineering Kemampuan Literasi Di Media Sosial Sebagai Kecakapan Hidup Generasi Z Abstrak.” 2(2):33–43.

Mustika Wanda, Elfa. 2024. “Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Pergaulan Sosial Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.” Jurnal Sosial Teknologi 3(12):1035–42. doi: 10.59188/jurnalsostech.v3i12.1078.

Naufal, Haickal Attallah. 2021. “Literasi Digital.” Perspektif 1(2):195–202. doi: 10.53947/perspekt.v1i2.32.

Ni luh Wiratami, N. K. (2023). Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Peningkatan Budaya Literasi Untuk Melahirkan Generasi Penerus Bangsa Yang Berkualitas Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Universitas Triatma Mulya, Indonesia, 406-417.

Qadir, A. (2024). Media Sosial (Definisi, Sejarah Dan Jenis-Jenisnya). Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 2713-2724.

Rahmawati, Aslihatul, Nur Halimah, Andika Agus Setiawan, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Syekh-yusuf, and Universitas Muhammadiyah Purwokerto. n.d. “Optimalisasi Teknik Wawancara Dalam Penelitian Field Research Melalui Pelatihan Berbasis Participatory Action Research Pada Mahasiswa Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang.” 135–42.

Restianty, Ajani. 2018. “Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media.” Gunahumas 1(1):72–87. doi: 10.17509/ghm.v1i1.28380.

Safrudin, Rizal, Zulfamanna, Martin Kustati, and Nana Sepriyanti. 2023. “Penelitian Kualitatif.” Journal Of Social Science Research 3(2):1–15.

Saputra, Dwi Fajar. 2023. “Literasi Digital Untuk Perlindungan Data Pribadi.” Jurnal Ilmu Kepolisian 17(3):1–8.

SARI, SAPTA. 2019. “Literasi Media Pada Generasi Milenial Di Era Digital.” Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik 6(2):30–42. doi: 10.37676/professional.v6i2.943.

Setiawan, I. Made Jordy, I Wayan Ardika, I Kadek Agus Sumaryawan, and I Nyoman Kusuma Adnyana Mahaputra. 2022. “Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Z Di Era Society 5.0 Di Denpasar Dalam Menanggulangi Penyebaran Berita Hoaks.” Jurnal Pilar 92–120.

Siregar, N. Metode dan Teknik Wawancara.: https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/13349/1/Karya%20Ilmiah_Nina%20Siti%20Salmaniah%20Siregar_Metode%20dan%20Teknik%20Wawancara.pdf , Diakses dari pada Mei 2025.

Sugianto, O. Penelitian Kualitatif, Manfaat dan Alasan Penggunaan: https://binus.ac.id/bandung/2023/11/penelitian-kualitatif-manfaat-dan-alasan penggunaan/, Diakses dari pada Mei 2025.

Susilawati, Lisda, and Sarah Alya Salsabila. 2024. “Page : 499-505 Volume : 1 , Nomor : 3 Tahun 2024 Analisis Pengunaan Bahasa Indonesia Dalam Komunikasi Di Kalangan Generasi Z.” 499–505.

Teknologi, Jurnal, Pendidikan Dan, Pembelajaran Jtpp, Fahriana Nurrisa, and Dina Hermina. 2025. “Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian : Strategi , Tahapan , Dan Analisis Data Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ).” 02(03):793–800.

Widiani, Sri. 2023. “Generasi Z Dalam Memanfaatkan Media Sosial.” Kaisa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2(1):1–9. doi: 10.56633/kaisa.v2i1.497.

Wulandari, Ratna Rizky, Sri Maryani, Ratna Rizky Wulandari, Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Siliwangi, Teknik Kimia, and Literasi Membaca Digital. 2025. “Analisis Keterampilan Literasi Membaca Digital Generasi Z.” 19(1):8–15.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Rida Ristiani. (2025). Analisis Penerapan Literasi Digital dalam Bermedia Sosial di Kalangan Generasi Z. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 5(2), 544–552. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.5911