PEMBELAJARAN IPA BERVISI SETS UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM TINJAUAN FILSAFAT
DOI:
https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.588Keywords:
Globalisasi, Geografis, Pendidikan.Abstract
. Perkembangan dunia di era globalisasi atau di abad dua puluh satu ditandai dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aktivitas kehidupan Teknologi mampu menghubungkan daerah daerah di berbagai belahan dunia yang melampaui sekat-sekat geografis sehingga pola dunia menjadi tanpa batas. Perkembangan di abad ini juga tentunya akan berdampak pada dunia pendidikan. Proses pembelajaran tentunya harus beradaptasi dengan perubahan. Kehadiran ICT (Information, Communication, and Technology) dalam dunia pendidikan, menuntut siswa untuk kreatif, inovatif, berfikir kritis serta metakognitif sehingga siswa memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerja kolaborasi (berkelompok) dengan harapan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat dijadikan bekal hidup di masyarakat yang memiliki karakter baik lokal maupun global dan dapat dipertanggung jawabkan secara personal maupun sosial masyarakat.
References
Binadja, A. (1996). EE and SETS Training Programme For Shoutheast Asian Teacher. SEAMO Journal, January-June Edition, SEAMES Bangkok.
Binadja, A. (1999). Pendidikan SETS (Science, Environmenr, Tecnology, and Society) Penerapannya pada Pengajaran (SETS Education Coverage Science and Non Science Major, Its Practice in Instruction). Paper presented in National Seminar Workshop on SETS Education, Semarang.
Binadja, A. (2000). Wawasan SETS (Science, Environmenr, Tecnology, and Society) Dalam Pengembangan Kurikulum Sains. Penang, Malaysia: SEAMEO RECSAM.
Nurfiana. (2010). Pendekatan SETS pada Ipa Terpadu. Retrieved from http://www.2lisan.com/read/pendekatan-setspada-ipa-terpadu.
Rasyidi, M. Pengaruh Pembelajaran SETS Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan 1, no. 2 (2020): 161–62
Oktaviani, P. Hartono , Marwoto, P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. Pancasakti Science Education Journal, 2 (2),126-