PEMBELAJARAN IPA BERVISI SETS UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM TINJAUAN FILSAFAT

Authors

  • Mulia Rasyidi Institut Pendidikan Nusantara Global Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat
  • Muhammad Sarjan Universitas Mataram
  • Agus Muliadi Universitas Pendidikan Mandalika
  • Asrorul Azizi Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Hamidi Hamidi Universitas Mataram
  • Iswari Fauzi Politeknik Kesehatan Mataram
  • Muhammad Yamin FKIP Universitas Mataram
  • Muh. Zaini Hasanul Muttaqin Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Bakhtiar Ardiansyah Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Nusa Tenggara Barat
  • Rindu Rahmatiah Universitas Mataram
  • Sudirman Sudirman Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Yusran Khery Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.588

Keywords:

Globalisasi, Geografis, Pendidikan.

Abstract

. Perkembangan dunia di era globalisasi atau di abad dua puluh satu ditandai dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aktivitas kehidupan Teknologi mampu menghubungkan daerah daerah di berbagai belahan dunia yang melampaui sekat-sekat geografis sehingga pola dunia menjadi tanpa batas. Perkembangan di abad ini juga tentunya akan berdampak pada dunia pendidikan. Proses pembelajaran tentunya harus beradaptasi dengan perubahan. Kehadiran ICT (Information, Communication, and Technology) dalam dunia pendidikan, menuntut siswa untuk kreatif, inovatif, berfikir kritis serta metakognitif sehingga siswa memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerja kolaborasi (berkelompok) dengan harapan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat dijadikan bekal hidup di masyarakat yang memiliki karakter baik lokal maupun global dan dapat dipertanggung jawabkan secara personal maupun sosial masyarakat.

 

References

Binadja, A. (1996). EE and SETS Training Programme For Shoutheast Asian Teacher. SEAMO Journal, January-June Edition, SEAMES Bangkok.

Binadja, A. (1999). Pendidikan SETS (Science, Environmenr, Tecnology, and Society) Penerapannya pada Pengajaran (SETS Education Coverage Science and Non Science Major, Its Practice in Instruction). Paper presented in National Seminar Workshop on SETS Education, Semarang.

Binadja, A. (2000). Wawasan SETS (Science, Environmenr, Tecnology, and Society) Dalam Pengembangan Kurikulum Sains. Penang, Malaysia: SEAMEO RECSAM.

Nurfiana. (2010). Pendekatan SETS pada Ipa Terpadu. Retrieved from http://www.2lisan.com/read/pendekatan-setspada-ipa-terpadu.

Rasyidi, M. Pengaruh Pembelajaran SETS Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan 1, no. 2 (2020): 161–62

Oktaviani, P. Hartono , Marwoto, P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. Pancasakti Science Education Journal, 2 (2),126-

Downloads

Published

2022-09-22

How to Cite

Mulia Rasyidi, Muhammad Sarjan, Agus Muliadi, Asrorul Azizi, Hamidi Hamidi, Iswari Fauzi, … Yusran Khery. (2022). PEMBELAJARAN IPA BERVISI SETS UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM TINJAUAN FILSAFAT. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 182–187. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.588