Peran Gaya Bahasa dalam Memperkenalkan Masakan Tradisional Bali di Industri Pariwisata

Authors

  • Kadek Ayu Ekasani Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Putu Dian Yuliani Paramita Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ida Ayu Gayatri Kesumayathi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.5867

Keywords:

gaya bahasa, fungsi gaya bahasa, masakan tradisional Bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran gaya bahasa dalam memperkenalkan masakan tradisional Bali kepada wisatawan internasional melalui media promosi digital. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data utama berupa teks promosi pada laman Agoda.com yang memuat narasi tentang beberapa kuliner khas Bali. Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya bahasa yang digunakan mencakup personifikasi, hiperbola, dan metafora. Selain itu, ditemukan empat fungsi utama dari gaya bahasa, yaitu fungsi estetika, persuasif, ekspresif, dan identitas. Fungsi-fungsi ini berkontribusi dalam menciptakan citra kuliner Bali yang menarik dan otentik di mata wisatawan mancanegara. Penelitian ini menegaskan bahwa gaya bahasa memiliki kekuatan retoris dan kultural yang signifikan dalam mendukung promosi pariwisata berbasis warisan budaya

References

Aisyah, O. N. ., Sasongko, S. D. ., & Lailiyah, N. . (2021). Gaya Bahasa Retorika Iklan Makanan Pada Media Sosial Instagram. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 346–352. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1543

Antara, I.B.S., Trimandala, N.A. (2023). Potensi Kuliner Tradisional Bali sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner di Sanur. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata. 6(1). 165-181

Arman, M. (2023). Gaya bahasa dalam promosi kuliner digital: Kajian stilistika pada media sosial. Jurnal Bahasa dan Seni, 51(2), 120–135. https://doi.org/10.24036/jbs.v51i2.2023

Dewanti, N.P., Assidik, G.K. (2024). Representasi Makna Semantik pada Iklan Minuman di Media Sosial. Jurnal Onoma: pendidikan, bahasa dan sastra. 10(1). 294-305.

Henilia. (2024). Pengaruh Gaya Bahasa Dalam Slogan Iklan di Televisi. Socius: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. 1(6). 169-172.

Nawa, Agus Trioni. (2023). Penggunaan Bahasa Inggris pada Usaha Kuliner: Tujuan Produsen dan Perspektif Konsumen. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah. 7(2). 216-232. http://dx.doi.org/10.32332/tapis.v7i2.8271

Delin, J. (2021). The language of food marketing: Communication and persuasion in the food industry. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429262301

Djajasudarma, F. (2021). Makna Bahasa dalam Konteks Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Forceville, C. (2016). Visual and multimodal metaphor in advertising and political communication. In C. H. Müller & A. Cienki (Eds.), Multimodal metaphor (pp. 19–42). Mouton de Gruyter.

Hall, C. M., & Sharples, L. (2019). Food and wine festivals and events around the world: Development, management and markets. Butterworth-Heinemann. https://www.sciencedirect.com/book/9780081017069

Jakobson, R. (1960). Closing statement: Linguistics and poetics. In T. A. Sebeok (Ed.), Style in language (pp. 350–377). MIT Press.

Kress, G. (2020). Multimodality: A social semiotic approach to contemporary communication (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429273871

Kridalaksana, H. (2020). Fungsi bahasa dan gaya bahasa dalam komunikasi. Pusat Bahasa.

Leech, G. N. (2019). A linguistic guide to English poetry. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315836036

McQuarrie, E. F., & Mick, D. G. (2020). Visual and verbal rhetoric in advertising: A review and research agenda. Journal of Consumer Research, 27(4), 424–438. https://doi.org/10.1086/319618

Nuraeni, I., Rusdiana, D., & Kartini, K. (2020). Analisis gaya bahasa pada iklan produk kuliner di Instagram. Journal of Language and Education, 5(2). https://ejournal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/JLE/article/view/158

Nurdina, A. (2024). Strategi retoris dalam promosi wisata kuliner di media digital: Pendekatan stilistika. Jurnal Ilmu Komunikasi Pariwisata, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.33366/jikp.v4i1.2024

Putra, I. M. A. D. (2021). Strategi retoris dalam promosi wisata kuliner Bali di media sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 145–160.

Ramadhani, N. (2023). Gaya bahasa dalam promosi makanan tradisional di media sosial. Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching, 7(1). https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/languageliteracy/article/view/6578

Sari, R. P. (2020). Penggunaan gaya bahasa dalam promosi kuliner tradisional Indonesia. Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 35–48.

Taviani, Tina. (2024). Efektivitas Penggunaan Bahasa Asing Dalam Pemasaran Kuliner Lokal Di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Akomodasi Agung. 11(2). 53-62.

Utami, Hafizah., Siregar, Syamsul Arif., Nurjanah, Siti., Kudadari, M. Fakhrurrozy. (2020). Fenomena Penggunaan Bahasa Asing Dan Daerah Dalam Penamaan Bisnis Kuliner Di Kawasan Medan. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III

Yuliani, R. (2023). Pengaruh Gaya Bahasa Hiperbola dalam Iklan Kuliner terhadap Minat Konsumen.https://journal.pubmedia.id/index.php/jbdi/article/view/2347

Downloads

Published

2025-05-09

How to Cite

Ekasani, K. A., Paramita, P. D. Y., & Kesumayathi, I. A. G. (2025). Peran Gaya Bahasa dalam Memperkenalkan Masakan Tradisional Bali di Industri Pariwisata. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 5(2), 407–420. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.5867