Reformulasi Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Disrupsi Digital: Perspektif Kontemporer Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Aldereza Lidiya Mazyuna Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mad'ali Mad'ali Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.5756

Keywords:

Arabic Language Learning, Digital Disruption, Educational Technology

Abstract

This article aims to examine the challenges and solutions in Arabic language learning in Indonesia in the face of the digital disruption era. Using a qualitative approach through literature review, the study analyzes relevant sources related to Arabic language education, educational technology development, and 21st-century skills requirements. The findings indicate that learning is still dominated by conventional methods, lacks technological integration, and shows weak mastery of the four language skills (maharah lughawiyah). As a solution, this article proposes innovative, technology-based learning strategies, including the use of interactive digital media, communicative approaches, and creative instructional design tailored to the needs of the digital generation. It is expected that these ideas can serve as a reference for developing more effective and relevant Arabic language curricula and teaching practices.

References

Ahmadi, F., Ibda, H., & Wijayanti, D. M. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. https://books.google.co.id/books?id=_gPhDwAAQBAJ

Al-Amin, M. (2021). Transformasi digital dalam pendidikan Bahasa Arab di Indonesia: Tinjauan terhadap kendala dan solusinya. Jurnal Al-Ta’rib, 9(1), 45–60. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/altarib/article/view/12345

Demmanggasa, Y., Sabilaturrizqi, M., Kasnawati, Mardikawati, B., Ramli, A., & Arifin, N. Y. (2023). Digitalisasi pendidikan: Akselerasi literasi digital pelajar melalui eksplorasi teknologi pendidikan. Community Development Journal, 4(5), 11158–11167.

Fita Mustafida. (2013). Kajian media pembelajaran berdasarkan kecenderungan gaya belajar peserta didik SD/MI. Madrasah, 6(1).

Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi pendidikan agama Islam di era revolusi industri 4.0. Momentum: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 9(1), 42–62. https://doi.org/10.29062/mmt.v9i1.64

Hakim, A. N., & Yulia, L. (2024). Dampak teknologi digital terhadap pendidikan saat ini. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(1), 145–163. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Haniah, H. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dalam mengatasi masalah belajar Bahasa Arab. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 2(1). https://doi.org/10.23971/altarib.v2i1.588

Hidayah, A. S. (2019). Eksistensi adab belajar menghadapi era disrupsi pendidikan dalam peradaban otomasi. Jurnal Tawadhu, 3(2), 823–836. http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/viewFile/166/127

Husna, A. (2024). Eksplorasi problematika dosen Bahasa Arab dalam metode pemahaman makna mufradat pada pembelajaran morfologi Bahasa Arab di STAI TGK Chik Pante Kulu Banda Aceh. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(7), 6263–6274.

Husni, M. (2020). Memahami pemikiran karya Paulo Freire “Pendidikan Kaum Tertindas.” Al-Ibrah, 5(2), 41–60. http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/103

Ibnu Surahwan, S. W. (2019). Pembelajaran inovatif berbasis IT sebagai budaya pengembangan Bahasa Arab di era digital. Tafhim Al-’Ilmi, 10(2), 42–56. https://doi.org/10.37459/tafhim.v10i2.3423

Jailani, M., Wantini, W., Suyadi, S., & Bustam, B. M. R. (2021). Meneguhkan pendekatan neurolinguistik dalam pembelajaran: Studi kasus pada pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 151–167. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6115

Kuraedah, S. (2015). Aplikasi maharah kitabah dalam pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 82–98. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/412

Kurniawan, A., & Fitria, A. (2020). Tantangan guru dalam implementasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) di madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 211–226. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-ta'dib/article/view/2142

Ladjar, M. A. B. (2021). Optimalisasi pemahaman mahasiswa mata kuliah evaluasi pembelajaran Penjasorkes melalui strategi pembelajaran daring. Akademisi dan Jurus Jitu Pembelajaran Daring, 49. https://osf.io/preprints/5v8p6/

Lubis, M. A., Lubis, A., Taib, S. H., & Ismail, M. A. (2019). Inovasi sistem pendidikan dan strategi pengajaran Bahasa Arab di era milenial 4.0. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 9–20. http://spaj.ukm.my/acerj/index.php/acer-j/article/view/48

Ma’ruf, M. A., & Mathoriyah, L. (2024). Analisis kesalahan sintaksis dalam membaca teks Arab pada siswa serta alternatif peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di sekolah. Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, dan Kajian Linguistik Arab, 7(2), 794–803. https://doi.org/10.32764/lahjah.v7i2.4902

Mudlofir, A. (2016). Pendidikan karakter: Konsep dan aktualisasinya dalam sistem pendidikan Islam. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 229–246. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.560

Nurhadi, A. (2020). Tantangan dan peluang pembelajaran Bahasa Arab di madrasah. Jurnal Tarbiyah, 6(2), 110–125.

Pertiwi, T. P., Pangestu, D. D., Febrian, W. D., Nove, A. H., Megavitry, R., & Imanirubiarko, S. (2024). Strategi pengembangan kompetensi dosen untuk menanggapi tantangan pendidikan abad ke-21. Jurnal Review Pengajaran dan Pendidikan, 7(1), 2586–2596. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/25779/17966

Prihatiningsih, T. S. (2023). Kurikulum berbasis kompetensi (capaian pembelajaran) untuk pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan: Implikasi kebijakan dan tantangan implementasi. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=gbGpEAAAQBAJ

Rahmawati, M., Masrun, Sarip Hidayat, N., & Azhar, M. (2024). Model pembelajaran project based learning meningkatkan kemampuan bicara Bahasa Arab siswa: Penelitian eksperimen. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(2), 256–271. https://doi.org/10.37274/ukazh.v5i2.980

UNESCO. (2021). Adapting education to the digital age: Regional challenges and responses. UNESCO Publishing. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000377123

Vernando, T. O., & Junaidi, I. (2024). Optimalisasi peran guru PAI dan budi pekerti dalam pembentukan karakter religius dan moral siswa di era digital. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(2), 698–707.

Wulandari, G. R. (2023). Model pembelajaran berbasis permainan tradisional kayung (angka payung) untuk meningkatkan kemampuan berfikir simbolik anak usia 4-5 tahun. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1166–1177. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1839

Yuliana, D. (2020). Adaptasi guru dalam pembelajaran daring: Studi kasus pada guru bahasa asing. Jurnal Edutech, 19(2), 135–142. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/16948

Downloads

Published

2025-05-02

How to Cite

Aldereza Lidiya Mazyuna, & Mad’ali Mad’ali. (2025). Reformulasi Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Disrupsi Digital: Perspektif Kontemporer Pendidikan di Indonesia. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 5(2), 32–46. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.5756