Pola Komunikasi Guru- Siswa di Sekolah Slanker (MA NU 03 Brebes) Melalui Sistem Perbaikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1i1.3159Keywords:
Communication Patterns, Student Character ImprovementAbstract
The purpose of this study was: to determine the communication patterns used by educators to students in order to improve character in the Brebes SLANKER School. This research uses social penetration theory. The data analysis technique used is descriptive qualitative, where the authors collect existing data, compile systematically, then describe the results of the study based on the images or data obtained during the study. The results of this study indicate that the pattern of communication between teachers and students in SLANKER schools (Madrasah Aliyah NU 03 Brebes) through the education system is able to improve student character. With the use of two-way and multi-directional communication patterns through the education system with the arts and storytelling, it can improve student character in the form of manners.
References
Anastasya. Diana & Lilis Setiawati. 2011. Sistem informasi akutansi, perencanaan prosedur dan penerbitan. Edisi 1. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Anggito, Albi & Setiawan, Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Jejak Publiser.
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Burdiarto, Eko & Dewi.2018. Epidemiologi.jakarta:EGC
Hudiyono. 2012. Membangun Karakter Siswa Melalui Profesionalisme Guru dan Gerakan Pramuka. Jakarta:Erlangga Group.
Jayanti, Rani. 2019. Pendekatan Teori Belajar Bahasa pasuruan: Qiara Media Komunikasi Dalam Pemblajaran. Jakarta: Kencana
Maarif, Zaenal. 2011. Komunkikasi etika dan hubungan antar manusia. Semarang: Duta Nusindo.
Mulyani, Sri. 2016. Metode analisis dan perencanaan sistem. Bndung: Abdi Sistematika.
Notrion. 2016. Komunikasi Pendididkan Penerapan Teori Dan Konsep
Nuridin, Ali.2020. Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis Edisi Pertama. Cetakan ke-1. Jakarta: Kencana.
Onong U Effendy,2012. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riyadi, Iswan. 2019. Model pembelajaran berbais metakogknis untuk peningkatan kompetensi siswa pada mata pelajaran ips. Yogyakarta: deepublish.
Soyomukti, Nurani, 2010. Pengantar ilmu komunikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz
Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tirtarahardja, Umr & Sulo, La. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sisteem Pendidikan Nasioanl. Bandung: Permana.
Wiryanto. 2004. pengantar ilmu komunikasi. jakaerta: Gramedia.
Yusuf, Pawit. 2011. Ilmu informasi, komunikasi, dan kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.
Zubaidi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dari Jurnal :
Santi, Melissa & Ferry Koagouw.2015. Pola komunikasi anak-anak delinkuen pada keluarga broken home dikelurahan karombasan selatan kecamatan wanea kota manado. E-journal Universitas sam Ratulangi.56.
Alif Gunawan. 2013. Komunikasi interpersonal dan fasilitas kesehatan: pengarunya terhadap kepercayaan, loyalitas, dan wom rumah sakit (Online). E-journal diglilb.uin-suka.ac.id. 1 3, 225.
Internet :
Mujaini, Bagjay. Cara membentuk karakter baik. 10 juni 2020. (https://www.caramembentukkarakterbaikamp/mujaini/59c9b05ada14f9784c01cb02/)
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 10 juni 2020 (https://kbbi.web.id/perbaikan.html).
Sinta. Dewi. Sistem pendidikan. 10 juni 2020. (https://sintadewi250892.wordpress.com/2014/04/27/sistem-pendidikan/amp).
Abdna, Hidayanti. Karakter dan proses pembentukan. 11 juni 2020. (https:1/pronulis.wordpress.com.2014/12/11/karakterdanprosespembentukan).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.