PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI SD SWASTA SURYA BAKTI KECAMATAN MEDAN DELI KOTA MEDAN TAHUN AJARAN 2020-2021

Authors

  • Sri Ramadhani STKIP Pangeran Antasari
  • Siti Rahmadhani Siregar STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1i2.1202

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Tematik.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus t tes. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai hasil belajar pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,1. Dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50. Sedangkan pada kelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,6. Dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar tentang benda dan kegunaannya dalam pembelajaran tematik siswa kelas V. Hal ini dapat dilihat dari analisis data diperoleh nilai t sebesar 5,362 dengan signifikansi 0.000. Dengan menggunakan t tabel sebesar 1.693. berdasarkan data tersebut maka t hitung 5,362 > t tabel 1,720 dan signifikansi 0.000 < 0.005.

 

 

References

Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran (Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2017), 9-27.

Binti Maunah, Landasan Pendidikan (Yogyakarta: Teras. 2009), 177.

Endang Winarni, Inovasi dalam Pembelajaran IPA. (Bengkulu:Unit penerbitan FKIP UNIB, 2017), 107.

Gunawan, Mahir Menguasai SPSS, (Jakarta: Rineka Cipta, 2015), 46.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), 194.

Hasanah, Enung. 2021 "Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Sekolah Dasar 07 Pekat NTB." Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol.4, NO.2, Hal: 272-281.

Hamzah B. Uno. Model Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2019),57.

Herfin Purnamawati. 2021 “Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sekitar Sekolah Pada Siswa Kelas V SDN Deyangan 2,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.p, Hal: 2.

Husamah. Pembelajaran Luar kelas Outdoor Learning. (Jakarta: Rajawali Pers, 2018), 5,8-10.

Irmawati, M., Rukli Rukli, and Baharullah Baharullah. 2019 "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Discovery Learning Berbasis GRANDER di Sekolah Dasar." Edumaspul: Jurnal Pendidikan Vol.3 NO.2, Hal: 109-110.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Alfabeta, Bandung.

Kasmini, L., Munandar, H., & Linda, H. 2020. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas VI B SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, Vol.7 NO.1, Hal: 43-45.

Luh Putu Sukhadeni Dkk. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Gugus Budi Utomo Denpasar Timur. Vol.2 NO.1.

Mustaqim dan Abdul Wahib. Psikologi Pendidikan. (Jakarta: Rineka Cipta, 2011), 60.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018), 220.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Bandung: Rosda, 2019), 67.

Octavia, Shilphy A. 2020. Model-model pembelajaran. Deepublish.

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, Vol.9 NO.2, Hal 72-79.

Rahmawati, E. 2021. “Pengaruh Model Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 7 Subtema 3 Kelas I SD”. Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora), Vol.2 NO.1, Hal: 12-18.

Rifa’i, A. & Anni C. T. 2016. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Rosma Hartiny Sams, Model Penelitian Tindakan Kelas (Yogyakata: Teras, 2017),31.

Rully I. & Poppy Y., Metodologi Penelitian (Bandung: PT Refika Aditama, 2014), 399

Rusman, M. Pd. Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media, 2017. Hal: 140-268

Sri Sulistyorini, Pembelajaran IPA Sekolah Dasar (Jogyakarta: Tiara Wacana, 2017), 30 & 49.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2019, (34,130,223).

Sugiyono, 2015. Metode penelitian dan pengembangan. Bandung:Alfabeta.

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002),249.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia.

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2017), 13.

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran (Bandung: Alfabeta, 2019), 61.

Titik Setyoningsih. 2017. “Pengelolaan Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Di SMPN 1 Gabus-Grobongan,” Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 12, hal: 2.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. (Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2019), 142.

Unik Fepriyanti, Novan Ardy Wiyani. 2020. “Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Keluarga Petani di MI Ma’arif NU Karanggedang 2 Purbalingga”, Jurnal Kependidikan Vol. 8 N0.2, Hal: 192-193.

Downloads

Published

2021-06-27

How to Cite

Sri Ramadhani, & Siti Rahmadhani Siregar. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI SD SWASTA SURYA BAKTI KECAMATAN MEDAN DELI KOTA MEDAN TAHUN AJARAN 2020-2021. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1i2.1202