MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA STIE GANESHA

Authors

  • Hajarudin Hajarudin STIE Ganesha, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.1176

Keywords:

Model Pembelajaran, Bahasa Inggris, Mahasiswa STIE Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara deskriptif tentang model pembelajaran bahasa Inggris bagi 90 mahasiswa STIE Ganesha. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian para mahasiswa yang mengikuti mata kuliah bahasa Inggris semester satu kelas B reguler D. Data diolah menggunakan teknik obeservasi lapangan, wawancara dan studi literatur Pustaka. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran bahasa inggris yang disukai oleh mahasiswa dengan pola mempraktekkan langsung dari materi yang diberikan. Praktik melalui alat media atau secara langsung. Pembelajaran efektif diperlukan dukungan semua pihak baik dosen, mahasiswa dan perguruan tinggi. Masing masing peran saling menunjang dalam upaya meningkatkan skill bahasa inggris mahasiswa. Mahasiswa perlu mengupgrade keahlian lebih lanjut dalam reading, writing, speaking,listening dengan membiasakan praktik secara langsung. Dosen agar menerapkan ankea model pembelajaran bahasa inggirs kepada mahasiswa, dan untuk perguruan tinggi, membuat kebijakan dan program dalam rangka mewujudkan miliu akademis yang mendukung mahasiswa serta menyiapkan sarana prasarana yang mendukung kegiatan mahasiswa.

 

References

Elsjelyn, E. R. (2008). English Made Easy: Kunci Sukses Belajar Bahasa Inggris (Revisi Cet). Kesaint Blanct Publishing. www.kesaintblanc.co.id

Emiliasari, R. N., & Kosmajadi, E. (2019). Persepesi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 35–42. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/153

Fauziah, U. N. El, Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris SMP Di Subang. Abdimas Siliwangi, 2(2), 183–191. https://doi.org/10.22460/AS.V2I2P183-191.3281

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik (Suryani (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=AqSAEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=metode+penelitian+kualitatif&ots=m10ouo6RrQ&sig=SET9mX9u-7rA0RXpHxSQ4GDIL0E&redir_esc=y#v=onepage&q=metode penelitian kualitatif&f=false

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring : Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/JTQ.V17I1.667

Megawati, E. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Peer Teaching dalam Pengajaran Tenses pada Mahasiswa EFL. Deiksis, 11(01), 39–50. https://doi.org/10.30998/DEIKSIS.V11I01.3076

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.246

Mudofir, I. (2015). Pembelajaran inovatif untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris yang efektif. Jurnal Linguistik Terapan, 5(1), 68–81. http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jlt/article/view/226

Saefullah, A. (2022). Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Toko Online Shop XYZ. Economic and Business Management International Journal (EABMIJ), 4(3), 278–285. https://doi.org/10.556442/eabmij.v4i03.221

Saefullah, A., & Hajar, E. S. (2022). Strategi Meningkatkan Literasi Masyarakat atas Program Penjaminan Simpanan oleh LPS. LITERATUS, 4(2), 692–697. https://doi.org/10.37010/lit.v4i2.893

Saefullah, A., Nurzanah, E., Andhini, A. N., & Mitagani, E. F. (2022). Sosialisasi Peran Dosen dan Mahasiswa dalam Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022 di SDN 03 Sukadana. ABDISOSHUM; Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Humaniora, 1(4), 454–465. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i4.1259

Saraka, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 17(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/LINGUA.V17I1.629

Setyarini, S. (2015). Storytelling : An Innovattive Language Learning For English Young Learners. Joint Conference UPI-UiTM. http://a-research.upi.edu/operator/upload/pros_ui-uitm_2011_setyarini_innovative_language_learning.pdf

Setyarini, S. (2019). Higher Order Thinking Skills in Storytelling for Teaching English to Junior High School Students: A shortcut to fulfill learning objectives of 21st century. Proceedings of the Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018), 214–217. https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.47

Siregar, A. (2018). Metode pengajaran bahasa Inggris anak usia dini (S. Hani (ed.); Pertama). Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI. https.//aqli.org

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Downloads

Published

2022-09-26

How to Cite

Hajarudin Hajarudin. (2022). MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA STIE GANESHA. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 188–197. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.1176